Senin

Herbal sebagai solusi aman buat kesehatan

ASAM URAT , BAGAIMANA GEJALA
dan PENGOBATANNYA
Asam urat merupakan produk akhir dari penghancuran purin, salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. Purin juga bisa berasal dari makanan yang kita makan. Umumnya asam urat terdapat dalam darah tetapi dalam jumlah yang normal.



                              
Sebenarnya apa yang dimaksud dengan penyakit asam urat (Gout)? Penyakit yang sering disebut penyakit pirai biasanya menyerang sendi dan tendon akibat timbunan kristal urat ( purin ) . Timbunan kristal urat karena deposit asam urat yang lama kelamaan membentuk kristal pada sendi atau tendon yang terkena    sehingga mengakibatkan  peradangan / sakit     
Penyakit asam urat digolongkan menjadi:
1
Penyakit gout primer
Sebanyak 99% penyebab penyakit gout primer belum diketahui (idiopatik), diduga berkaitan dengan kombinasi faktor genetik dan faktor hormonal yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat atau bisa juga diakibatkan karena berkurangnya pengeluaran asam urat dari dalam tubuh.
Penyakit gout sekunder (didapat)

Disebabkan antara lain karena meningkatnya produksi asam urat dan berkurangnya pengeluaran asam urat dalam urin. Untuk kasus meningkatnya produksi asam urat, terjadi karena pengaruh makanan dengan kadar purin tinggi. Purin adalah salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat atau asam inti dari sel dan termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein. Makanan dengan kadar purin tinggi antara lain jeroan, sarden, kerang, bacon, minuman beralkohol. Sementara daging sapi, daging babi, daging ayam / bebek, kepiting, tiram, udang, kacang-kacangan, asparagus, jamur, bayam, melinjo, kadar purinnya moderat.
Selain faktor makanan, penyebab lainnya adalah penyakit darah (penyakit sumsum tulang), obat-obatan, obesitas juga kadar trigliserida yang tinggi.  Berkurangnya pengeluaran asam urat pada urin juga menjadi penyebab penyakit asam urat. Macam-macam faktor mengapa pengeluaran asam urat dalam urin berkurang, misalnya karena obat-obatan, penyakit ginjal, metabolik/endokrin, juga obesitas.
Yang patut diwaspadai dengan kadar asam urat yang tinggi, akan memunculkan berbagai penyakit, seperti arthritis gout (peradangan sendi akibat timbunan kristal urat), batu ginjal, gagal ginjal, penyakit jantung, katarak dan kekeringan mata. Cek kadar asam urat sekarang, jangan sampai terlambat...

Nilai normal Kadar asam urat dalam darah untuk pria dewasa berkisar antara 3, 5 - 7, 2 mg/dl dan untuk wanita antara 2, 6 - 6, 0 mg/dl. Pada orang tua sedikit lebih tinggi

Tulang dalam tubuh manusia merupakan jaringan terkeras. Menurut bentuknya dibedakan menjadi :
1        Tulang panjang
2        Tulang pendek
3        Tulang pipih
Ketiganya saling berhubungan dalam berbagai bentuk untuk memperoleh fungsi yang optimal

GEJALA UMUM PENYAKIT ASAM URAT / REUMATIK
1.      NYERI SENDI
Nyeri sendi merupakan keluhan utama penyakit reumatik, dibedakan menjadi dua yaitu:
a.   Nyeri mekanik, nyeri timbul setelah melakukan aktifitas, biasanya juga diikuti perubahan warna, bentuk
b.   Nyeri inflamasi, bila nyeri bertambah berat pada pagi hari disertai kaku sendi, atau nyeri yang hebat pada awal gerak dan berkurang setelah aktivitas
2.      Gangguan fungsi; pada sendi yang meradang biasanya nyeri, untuk mengurangi rasa nyeri biasanya posisi persendian sedikit sitekuk, sehingga sendi yang nyeri tifak dapat berfungsi normal dan mengganggu aktifitas sehari-hari.
3.      Ketidakstabilan / goyah diakibatkan kerusakan rawan sendi atau robek ligament.
6.      krepitasi ; bunyi tulang yang bergerak
7.      Atrofi dan penurunan kekuatan otot. Sendi yang tidak difungsikan lama-lama berakibat kelemahan otot.  Otot yang lemah dan tidak difungsikan menjadi ciut dan menurun kinerjanya ( atrofi )
8.      Nodul (Tofi) adalah benjolan kecil yang pada jaringan kulit, sering pada arthritis gout (tofi) dan rheumatoid arthritis (Nodul rheumatoid).
9.      Perubahan jari dan kuku, Kelainan selaput lendir.
10.  Gangguan mata juga gejala lain, seperti : panas, berat badan turun, lelah, lesu , gerak yang lamban,

            
BEBERAPA JENIS PENYAKIT RHEUMATIK
Jenis penyakit reumatik tergantung daerah serangannya, yang umum ditemukan adalah :


1.      ARTRITIS REUMATIOD
            Artritis Reumatiod (AR) merupakan suatu penyakit reumatik yang ganas, dengan peradangan menyeluruh dan bersifat kronis karena selain menyerang sendi juga melibatkan seluruh organ tubuh, semua ras dan kelompok etnik, dengan perbandingan antara wanita dan pria adalah  3:1.

II. OSTEARTRITIS
            Ostreartritis ( OA), adalah penyakit reumatik sendi yang paling banyak dijumpaai diantara peyakit-penyakit reumatik yang lain, terutama pada orang-orang di atas 40 tahun diseluruh penjuru dunia.
 OA dapat mengenai lebih dari satu sendi, dan sendi yang paling sering terkena OA adalah sendi tangan, dan sendi besar lainya yang menaggung berat badan.
                 
 III. ARTHRITIS PIRAI
           
Arthritis pirai (arthritis gout/asam urat) merupakan jenis penyakit reumatik yang pengobatannya mudah dan efektif. Di Indonesia, arthritis gout menduduki urutan ke dua terbanyak setelah OA, dimana pria lebih sering terkena karena secara alami Kadar asam urat di dalam darahnya lebih tinggi dari wanita.
        
PENGOBATAN DENGAN HERBAPLUS

Anjuran minum:
1.      URIC ACID ( HERBA ASAM URAT )
2.      RECOMAX  ( HERBA IMUNITAS )
3.      Madu
Khasiat           :Kombinasi ramuan herbal ini memiliki kandungan berkhasiat
1.                  Mengatasi rasa nyeri,sakit ,mencegah kelebihan purin,mencegah pengapuran /radang  pada sendi, mencegah rematik,
2.                  Menjaga kadar asam urat sesuai kebutuhan tubuh / anti hipeuricaria
3.      Memperkuat persendian Meningkatkan system  inflamasi,regenerasi ,metabolisme
             
*komposisi tersebut dapat dipergunakan penderita rematik,radang sendi

Dosis   dan cara minum           :
Pencegahan      : 1-2 kali sehari satu kapsul saat makan
Pengobatan      : RECOURIC   3 x 1 kapsul
                          RECOMAX   3 x 1 kapsul
Pantangan           :
Jeroan, udang, kepiting, cumi, kacang, mente, lemak tinggi, durian, bayam, kangkung, daun singkong dan makanan yang    mengandung purin tinggi


Masa pengobatan: dilakukan secara rutin minimal 14 hari atau sesuai anjuran dengan memperhatikan kondisi penyakit ,tingkat serangan serta riwayat penyakit pada penderita
Efek samping  : tidak ditemukan efek samping,aman dikonsumsi untuk siapapun

Kegunaan Masing-masing bahan baku penyusun KAPSUL ASAM URAT HERBAPLUS:

1.   Nama latin : Syzygium polianthum (Wigh) Walp
      Familia       : Myrtaceae
Nama daerah   : Salam ( jawa )
Bag digunakan : daun ( folium )
Nama simplisia            : Syzygium polyanthi Folium
Kandungan      : Minyak atsiri salamol,  sitral,  eugenol, tanin dan flavanoid
Kegunaan        : antidiare ( MMI  IV ) Astrigent ( Alam Sumber Kesehatan )


2.    Nama latin           : Apium graveolens L.
Familia             : Apiaceae
Nama daerah   : Seledri

Bag digunakan : Herba

Nama simplisia            : Apii graveolentis Herba

Kandungan      : Limonene, p-cymol, α-terpinol, α-santalol, α-pinene, β-caryophyllene, Apiin, Apigenin, Asparagines, Bergapten, Isopimpinellin, Apiametin, Xanthotoxin, Sedanolide, Sedanoic Acid, Mannitol, Calcium, Phosphorus, Iron, Protein, Glycidol, Vitamin A, B1, B2, C dan K
Kegunaan        : Stomakik ( MMI VI ), Diuretic (Standard of Asean Herbal Medicine)   Penyakit mata, rematik , keseleo, tekanan darah tinggi (Medicinal Herb Index Indonesia ), antihipertensi, antistres ( Penapisan Farmakologi ) antihipertensi, (Obat Kelompok Fitoterapi)

3.    Nama latin            : Andrographis paniculata Nees
Familia             : Acanthaceae
Nama daerah   : Sambiloto

Bagdigunakan  : Herba

Nama simplisia            : Andrographidis Herba

Kandungan : Andrographolide, Andrographoside, Deoxy Andrographoside, 14-deoxy-11-oxoandrographolide, 14-deoxy-11,12-didehydroandrographolide, Andrographan, Andrographon,  β-sitosterol-D-glucoside, Flavonoids, Andrographosterin, Ninandrographolide
Kegunaan        : Antipiretik ( MMI III ), Antipiretik, Antiinfeksi (Standard of Asean  Herbal Medicine) Radang amandel, borok, penawar racun, demam, tifus, gatal,   kencing manis, tonikum, disentri, penyakit telinga, eksim, radang usus buntu, masuk angina, difteri, ayan, kencing nanah dan ketombe (Medicinal Herb Index Indonesia ) , Anti diabetic, Antiinflamasi, Hepatoprotektor ( Penapisan Farmakologi ) ,  Diabetes , (Obat Kelompok Fitoterapi)

4.    Nama latin            : Murraya paniculata (L), jack
Familia             : Rutaceae
Nama daerah   : Kemuning
Bag digunakan : daun ( folium )
Nama simplisia            : Murrayae Folium
Kandungan      : Glukosida Murayin, Minyak Atsiri, Kadinena
Kegunaan        : Antitiroida( MMI  I ), kencing nanah, obesitas, gannguan haid, keputihan, sakit gigi, antelmintik, herpes (Medicinal Herb  Index Indonesia )

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More